1. Memangun resep teyasing sasomo (kita selalu membuat senang hati orang lain.2. Jroning suko kudu eling lan waspodo (didalam suasana riang kita harus tetap waspada).3. Laksitaning subroto tan nyipto marang pringgo bayaning lampah (dalam perjalanan utk mencapai cita2 luhur kita tidak perduli dengan segala bentuk rintangan).4. Meper hardaning pancadriya (kita harus selalu menekan gelora hawa nafsu).5. heneng-hening-henung (dlm keadaan diam kita akan memperoleh keheningan dan dalam keheningan itulah kita akan mencapai cita2 luhur).6. Mulyo guno panca waktu (suatu kebahagiaan lahir bathin hanya bisa kita capai dengan sholat 5 waktu) 7. Menehono teken marang wong kang wuto, menehono mangan marang wong kang luwe, menehono busono marang wong kang wudo, menehono ngiyup marang wong kang kedanan (berilah ilmu agar org menjadi pintar, sejahterakanlah kehidupan masyarakat yg miskin, ajarilah kesusilaan pd org tdk punya malu, serta beri perlindungan org yg menderita).

Selasa, 02 Agustus 2011

n-corn3

KHASIAT JAGUNG BUAT PECANDU ROKOK & IBU HAMIL
Jagung adalah salah satu makanan pokok masyarakat yang telah sejak lama ditinggalkan oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia, sejak beras mulai unggul dan mengganti lauk kita. well,. sebenarnya, Jagung bukan hanya sebagai pangan sumber karbohidrat,. khasiatnya jauh diluar dugaan. semoga dengan membaca artikel ini, anda akan berfikir dua kali untuk menyepelekan jagung dan segera rutin mengonsumsinya,. utamanya bagi pecandu rokok, ibu hamil, penderita kanker, remaja yang menginginkan kulit sehat, dan seluruh kalangan masyarakat yang butuh nutrisi lengkap dalam satu bahan makanan pokok.
Jagung sebenarnya berasal dari meksiko, yakni di amerika tengah dan sudah dikonsumsi sebagai makanan pokok penduduk asli amerika sejak 8000 tahun yang lalu. Hal ini terbukti dengan ditemukannya fosil teosinte, sejenis rumput liar yang diyakini sebagai nenek moyangnya jagung yang ditemukan di dekat kota meksiko. penduduk asli Amerika sangat memuja jagung, bukan hanya karena khasiat makanan pokok tersebut, melainkan jagung juga merupakan simbol tradisi mitologi suku Aztec, Maya, dan Inca.
Jagung merupakan sumber lemak nabati sehingga sering diolah untuk diambil minyaknya yang merupakan sumber asam lemak omega-6. Asam lemak omega-6 bermanfaat dalam proses pertumbuhan anak, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, serta stroke. Selain itu, jagung mengandung serat yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol.
Jagung juga kaya akan asam folat yang berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam pembuluh darah. Homosistein merupakan suatu jenis asam amino yang bila kadarnya meningkat dalam darah dapat merusak pembuluh darah sehingga beresiko meningkatkan serangan jantung dan stroke. Asam folat juga berperan penting dalam perkembangan otak janin. Asam folat mencegah kerusakan otak bayi saat kelahiran. oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi jagung sebagai makanan pokok tambahan selain nasi.
Jagung merupakan sumber thiamin (vitamin B1) yang sangat penting bagi kesehatan sel otak dan fungsi kognitif sebab thiamin dibutuhkan untuk membentuk acetylcholine yang berfungsi memaksimalkan komunikasi antar sel otak dalam proses berpikir dan konsentrasi jika kadar zat ini menurun maka akan menyebabkan pikun dan penyakit Alzheimer. kepikunan sering kali timbul akibat stress dan akibat tekanan beban pada otak yang menumpuk, utamanya pada para pelajar maupun mahasisma. oleh karena itu, para remaja sebaiknya memilih cemilan yang tidak hanya sekedar mengisi perut, tapi juga menyehatkan bagi otak dan tubuhnya.
Jagung juga kaya akan asam pentotenat (vitamin B5) yang berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak untuk diubah menjadi energi. hal ini berarti konsumsi jagung sangat dianjurkan bagi penderita Obesitas.
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam the American institute for cancer research, jagung banyak mengandung senyawa fitokimia dalam bentuk terikat yang kekuatan antioksidannya tidak kalah dengan antioksidan dalam buah dan sayuran. Komponen fitokimia ini bermanfaat membantu serat, menurunkan resiko kanker utamanya kanker usus. Selain itu dalam journal of agriculture and food chemistry menyatakan bahwa proses pemasakan pada suhu tinggi (115 C) dalam waktu lama (10-15 menit) akan meningkatkan aktivitas antioksidan jagung meskipun kandungan vitamin C-nya berkurang. jadi jangan sampai anda berfikir dengan pengolahan bisa merusak zat gizi yang terdapat dalam jagung. Proses pemasakan jagung akan meningkatkan pengeluaran asam ferulat yaitu senyawa fitokimia yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan kanker. Salah satu kelebihan lain jagung adalah kandungan provitamin A yang tinggi dalam bentuk pigmen.
Jagung sangat direkomendasikan bagi para perokok karena mengandung betacryptoxanthin yang dapat menurunkan resiko kanker paru – paru. ini adalah kabar baik bagi pecandu rokok. ketagihan terkadang menyulitkan niat mereka untuk berhenti, namun jangan sampai hal ini bisa berefek buruk bagi kesehatan terus menerus.
Menurut journal cancer epidemiology, biomarkers and prevention orang yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung betacryptoxanthin terbukti mengalami penurunan resiko kanker paru – paru sebesar 27%, hasil yang sama juga menunjukkan bahwa perokok yang mengkonsumsi jagung mengalami penurunan kanker paru – paru sebesar 37% dibandingkan dengan perokok yang kurang mengkonsumsi jagung. butuh harga yang tinggi untuk menyembuhkan penyakit, jadi alangkah baiknya kita menghindari penyebab dan mencoba asupan makanan bernutrisi tinggi seperti jagung ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar