1. Memangun resep teyasing sasomo (kita selalu membuat senang hati orang lain.2. Jroning suko kudu eling lan waspodo (didalam suasana riang kita harus tetap waspada).3. Laksitaning subroto tan nyipto marang pringgo bayaning lampah (dalam perjalanan utk mencapai cita2 luhur kita tidak perduli dengan segala bentuk rintangan).4. Meper hardaning pancadriya (kita harus selalu menekan gelora hawa nafsu).5. heneng-hening-henung (dlm keadaan diam kita akan memperoleh keheningan dan dalam keheningan itulah kita akan mencapai cita2 luhur).6. Mulyo guno panca waktu (suatu kebahagiaan lahir bathin hanya bisa kita capai dengan sholat 5 waktu) 7. Menehono teken marang wong kang wuto, menehono mangan marang wong kang luwe, menehono busono marang wong kang wudo, menehono ngiyup marang wong kang kedanan (berilah ilmu agar org menjadi pintar, sejahterakanlah kehidupan masyarakat yg miskin, ajarilah kesusilaan pd org tdk punya malu, serta beri perlindungan org yg menderita).

Minggu, 21 Agustus 2011

jelang lebaran

Persiapan Jelang Mudik Lebaran 2011 karena Lebaran sudah diambang pintu, saatnya merayakan kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa menahan segala lapar dan nafsu, saatnya saling memaafkan atas segala dosa yang diperbuat dan saatnya mudik ke kampung halaman. Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi dan budaya masyarakat Indonesia yang mereka lakukan menjelang lebaran. Ribuan manusia berbondong-bondong bergerak dari kota ke desa untuk berjumpa dengan orang-orang tercinta. Mereka begitu bersemangat untuk mudik lebaran, mereka tak peduli dengan harga tiket yang membubung tinggi, kesengsaraan di jalan karena berjubelnya manusia, hingga resiko kecelakaan yang kerap terjadi.
Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman | Persiapan Mudik Lebaran 2011
Mereka rela melakukan semua ini demi bertemu dan melepas rindu dengan orang tua serta sanak saudara di kampung halaman setelah tidak berjumpa selama setahun penuh. Serta karena menghadapi kompleksitas masalah di kota, seseorang kadang dihinggapi perasaan untuk kembali bernostalgia ke masa lalu. Ia seperti hendak melipat waktu dan mengulang kenangan di masa kanak-kanak dan masa remaja yang serba indah dan mempesona dikampung halaman.. Terekam kuat dalam ingatan ketika ia bersama teman-temannya dulu berkejaran di pematang sawah dengan bulir-bulir padi yang menguning, bermain pasir di pantai, memancing dan mandi di air sungai yang bening, dan sebagainya. Sehingga ini menjadi daya tarik magnet yang kuat untuk membuat seseorang mengharuskan mudik lebaran.
Berikut Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman | Persiapan Mudik Lebaran 2011 :
1.      Persiapkan Kondisi Tubuh
Bagi Anda yang akan melakukan mudik lebaran pulang ke kampung halaman hal pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan kondisi tubuh Anda. Anda harus mencukupkan istirahat paling tidak sehari sebelum berangkat serta ada baiknya Anda mengkonsumsi vitamin dan suplemen sebelum keberangkatan agar tubuh kita bisa fit dan prima. Jangan sampai aktifitas perjalanan mudik Anda terganggu karena kondisi fisik yang kurang fit atau malah sedang sakit.
2.      Persiapkan Perbekalan Mudik
Kalau kondisi tubuh Anda dan keluarga sudah fit dan terasa sehat, yang harus Anda persiapakn untuk perjalanan mudik Anda selanjutnya adalah perbekalan. Baik perbekalan makanan, minuman maupun obat-obatan. Ketika saat Anda merasa stamina Anda menurun saat perjalan mudik, Anda dapat istirahat sejenak dan sembari makan dari perbekalan yang Anda bawa dari rumah atau Anda dapat minum obat untuk menambah stamina tubuh Anda.
3.      Persiapkan Kendaraan
Kalau urusan kendaraan barangkali ini adalah salah hal yang terpenting dalam aktifitas perjalanan mudik Anda. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Nah bagaimana dengan kendaraan pribadi ? Bagi anda pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya sebelum kendaraan dipakai mudik, periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel langganan (tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll. Serta jangan lupa membawa Dokumen kendaraan bermotor seperti STNK dan Surat Izin Mengemudi (SIM).
4.      Pastikan Rumah Yang di Tinggal Mudik Aman
Selama mudik, pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank. Pastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci rapat sebelum meninggalkan rumah. Anda bisa menitipkan rumah pada orang yang dipercayakan, tetangga atau satpam perumahan. Bila diperlukan, pasang alarm sekuriti di rumah atau memasang kamera CCTV di beberapa titik di rumah seperti halaman rumah, ruang tamu dan ruang tidur.
5.      Packing Barang/ Muatan Dengan Benar.
Urutkan barang/ muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.
6.      Bawa Peta Jalur Mudik.
Bagi yang membawa kendaraan sendiri waktu mudik sebaiknya jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll.
7.      Pilihlah Waktu Keberangkatan Yang Tepat
Pilihlah waktu keberangkatan yang tepat untuk menghindari macet dijalan, sehingga ini dapat memperlancar mudik lebaran kita untuk sampai ke kampung halaman tercinta.
8.      Waspada Hipnotis dan Pencopet
Ini bagi yang mudik lebaran memakai kendaraan umum, maka berhati-hatilah terhadap orang yang tidak anda kenal. Misalkan ada yang menawarkan makanan dan minuman, dimana anda ragu dengan orang tersebut sebaiknya anda tolak tapi dengan cara yang sopan dengan mengatakan bahwa kita membawa bekal dan minuman sendiri.
9.      Jangan Terlalu Banyak Membawa Uang Tunai
Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM banyak sekali dijumpai di daerah.
10.  Berdoa dan selalu memberi informasi mengenai keberadaan kita kepada keluarga dirumah.
Dan yang terakhir adalah berdoa kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan dan kelancaran dijalan selama mudik lebaran ke kampung halaman. Dan Selalu memberi informasi akan keberadaan kita kepada keluarga dirumah, sehingga keluarga di rumah tidak khawatir dengan keadaan kita dan mereka pun dapat memantau keberadaan kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar