1. Memangun resep teyasing sasomo (kita selalu membuat senang hati orang lain.2. Jroning suko kudu eling lan waspodo (didalam suasana riang kita harus tetap waspada).3. Laksitaning subroto tan nyipto marang pringgo bayaning lampah (dalam perjalanan utk mencapai cita2 luhur kita tidak perduli dengan segala bentuk rintangan).4. Meper hardaning pancadriya (kita harus selalu menekan gelora hawa nafsu).5. heneng-hening-henung (dlm keadaan diam kita akan memperoleh keheningan dan dalam keheningan itulah kita akan mencapai cita2 luhur).6. Mulyo guno panca waktu (suatu kebahagiaan lahir bathin hanya bisa kita capai dengan sholat 5 waktu) 7. Menehono teken marang wong kang wuto, menehono mangan marang wong kang luwe, menehono busono marang wong kang wudo, menehono ngiyup marang wong kang kedanan (berilah ilmu agar org menjadi pintar, sejahterakanlah kehidupan masyarakat yg miskin, ajarilah kesusilaan pd org tdk punya malu, serta beri perlindungan org yg menderita).

Selasa, 02 Agustus 2011

f-corn1

Khasiat Jagung Muda Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal sama jagung? Di Indonesia tanaman ini sangat populer. Jagung bisa diolah dengan direbus atau dibakar. Jagung muda ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan, selain dagingnya rambut jagung muda juga tidak kalah peran dalam hal kesehatan. Apa saja Khasiat Jagung dalam hal kesehatan?
1. Bebas Batu Ginjal Dengan Jagung Muda
Salah satu penyakit yang bisa diatasi oleh khasiat jagung adalah batu ginjal, tekanan darah tinggi dan batu empedu.
Cara untuk melarutkan batu ginjal dengan jagung, berikut resepnya :
Bahan: 4 tongkol jagung muda, 1 genggam rambut jagung, 8 helai daun kejibeling segar .
Cara membuat :
1. Rebus semua bahan dengan air 110 ml
2. Minum air rebusan sehari sekali selama 14 hari
3. Hentikan pengobatan bila batu ginjal sudah keluar berupa kerikil, butiran ataupun buih.
Langkah selanjutnya adalah beralih dengan mengkonsumsi jamu kumis kucing dan meniran. Cara buatnya adalah Ambil kumis kucing dan daun meniran masing-masing 30 gr lalu seduh seperti menyeduh teh.
Yang perlu diperhatikan adalah tidak dianjurkan terlalu banyak menggunakan rambut jagung sebagai obat karena dapat menurunkan tekanan darah secara drastis dalam waktu singkat.
2.Merawat Kecantikan Kulit Wajah Dengan Jagung
Menurut para ahli kesehatan dengan mengkonsumsi jagung secara teratur, kandungan zat prokaroten (protein, karbohidrat dan sedikit lemak) dalam jagung akan tersimpan di jaringan kulit, sehingga akan berfungsi sebagai pelindung terhadap sinar ultra violet.
Jenis jagung yang baik untuk digunakan dalam merawat kecantikan kulit wajah adalah, jagung muda karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi, dan bisa digunakan sebagai masker wajah alami. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, saran para ahli, sebaiknya ditambahkan madu dalam campuran masker tersebut agar selain berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit, masker itu juga dapat mencegah infeksi dan membunuh kuman yang menempel di kulit dengan adanya campuran madu tadi.
Proses pembuatan masker jagung ini cukup mudah, yaitu parut atau tumbuk satu buah jagung muda hingga halus, lalu dicampurkan dengan dua sendok makan madu. Sebelum dipakai, basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian oleskan masker, diamkan beberapa saat hingga mengering. Terakhir bersihkan wajah dengan air hangat sampai sisa – sisa masker bersih, lalu basuh kembali dengan air dingin untuk menutupi pori-pori wajah.
3.Mengatasi Jerawat dengan Jagung Muda
Menurut seorang herbalis dari Klinik Herbal Pondok Indah, dokter Agus Rahmadi, kandungan zat dalam jagung yang dapat menarik minyak, juga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Tidak hanya buah jagungnya saja tapi juga rambut jagungnya bisa di gunakan sebagai obat jerawat.
Semua orang pasti pernah jerawatan. Jerawat membuat kulit wajah kurang menarik. Gangguan ini lebih banyak dialami usia ramaja karena di usia ini produksi hormon seks meningkat.
Ekses peningkatan hormon itu salah satunya muncul jerawat. Jerawat harus dirawat sebab bisa menimbulkan bekas luka. Perawatan bisa dilakukan dengan cara sederhana dan murah.
Ambil satu buah jagung muda, parut, gunakan untuk lulur. Lakukan setiap sore hari menjelang tidur. Pagi hari bersihkan. Mudah-mudahan wajah menjadi bersih dan bebas jerawat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar