1. Memangun resep teyasing sasomo (kita selalu membuat senang hati orang lain.2. Jroning suko kudu eling lan waspodo (didalam suasana riang kita harus tetap waspada).3. Laksitaning subroto tan nyipto marang pringgo bayaning lampah (dalam perjalanan utk mencapai cita2 luhur kita tidak perduli dengan segala bentuk rintangan).4. Meper hardaning pancadriya (kita harus selalu menekan gelora hawa nafsu).5. heneng-hening-henung (dlm keadaan diam kita akan memperoleh keheningan dan dalam keheningan itulah kita akan mencapai cita2 luhur).6. Mulyo guno panca waktu (suatu kebahagiaan lahir bathin hanya bisa kita capai dengan sholat 5 waktu) 7. Menehono teken marang wong kang wuto, menehono mangan marang wong kang luwe, menehono busono marang wong kang wudo, menehono ngiyup marang wong kang kedanan (berilah ilmu agar org menjadi pintar, sejahterakanlah kehidupan masyarakat yg miskin, ajarilah kesusilaan pd org tdk punya malu, serta beri perlindungan org yg menderita).

Minggu, 04 September 2011

tip jelang arus balik

Pasca merayakan Idul Fitri di kampung halaman, tentu warga Jakarta akan berbondong-bondong kembali ke Ibukota.

Inilah yang kerap disebut arus balik Lebaran. Nah biasanya sama dengan musim mudik, arus balik juga kerap menimbulkan kemacetan di sejumlah titik jalur mudik.

Tapi ada triknya jika Anda tak ingin terjebak kemacetan berlama-lama di jalan ketika perjalanan Anda kembali ke Jakarta.

1. Atur Waktu
Jangan pulang balik mepet sekali dengan jadwal masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah. Karena baisanya di waktu-waktu ini semua pemudik serempak untuk kembali dari kampung halamannay menuju Jakarta. Pulang lebih awal juga bisa membuat tumbuh Anda fit saat kembali beraktifitas normal di kantor setelah liburan. Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.

2. Catat Nomor Telepon Penting
Dengan mengantoingi nomor telpon polisi, Jasa Marga, Info jalan tol akan sangat membantu saat Anda mengetahui jalur mana yang masih lenggang atau yang sedang mengalami kemacetan total.

3. Pantau Radio
Anda bisa mendengarkan radio untuk mendapatkan info yang Anda inginkan seputar kondisi lalu linats di jalur-jalur mudik yang akan Anda lalui. Lewat radio akan membantu memberikan informasi mudik di sepanjang rute perjalanan Anda.

4. Bawa Peta
Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik maka Anda bisa gunakan jalur alternatif itu. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol misalnya sepanjang Pulau Jawa-Bali.

5. Gunakan Milis
Bila ada kesempatan, sekali-kali monitorlah milis yang Anda ikuti, siapa tahu ada teman yang sedang on-line dan berbagi situasi lalu linats di jalur mudik. Bagi yang tidak punya laptop, tidak perlu berkecil hati, Anda tinggal mencari warnet saja bukan?

6. Stiker
Tempelkan stiker atau tanda pengenal komunitas tertentu di kaca belakang mobil/spatboard kendaraan Anda. Siapa tahu nanti di perjalanan Anda berjumpa dengan teman baru sesama komunitas dan memberikan info yang bermanfaat untuk Anda.

Selamat kembali ke Jakarta, hati-hati di jalan!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar