1. Memangun resep teyasing sasomo (kita selalu membuat senang hati orang lain.2. Jroning suko kudu eling lan waspodo (didalam suasana riang kita harus tetap waspada).3. Laksitaning subroto tan nyipto marang pringgo bayaning lampah (dalam perjalanan utk mencapai cita2 luhur kita tidak perduli dengan segala bentuk rintangan).4. Meper hardaning pancadriya (kita harus selalu menekan gelora hawa nafsu).5. heneng-hening-henung (dlm keadaan diam kita akan memperoleh keheningan dan dalam keheningan itulah kita akan mencapai cita2 luhur).6. Mulyo guno panca waktu (suatu kebahagiaan lahir bathin hanya bisa kita capai dengan sholat 5 waktu) 7. Menehono teken marang wong kang wuto, menehono mangan marang wong kang luwe, menehono busono marang wong kang wudo, menehono ngiyup marang wong kang kedanan (berilah ilmu agar org menjadi pintar, sejahterakanlah kehidupan masyarakat yg miskin, ajarilah kesusilaan pd org tdk punya malu, serta beri perlindungan org yg menderita).

Kamis, 26 Januari 2012

SAATNYA BENIH NASIONAL BANGKIT




Program pembangunan haruslah terus didorong dan dilaksanakan. Pembangunan pertanian dalam arti luas dan menjadi program prioritas pembangunan daerah terus dipacu sehingga menjadi resultan pembangunan pertanian nasional. Sangat disadari bahwa kekayaan sumber daya alam tak terbarukan yang dimiliki bangsa ini dan menjadi pundi-pundi devisa Negara, pada saatnya akan menyusut dan habis, . Jika bangsa ini tidak menyiapkan lokomotif-lokomotif  baru berbasis kekuatan ekonomi terbarukan  dalam wujudi pengembangan pertanian dan industri pertanian, maka bukan mustahil kelak bangsa yang kita cintai ini akan berubah menjadi daratan mati yang hanya menyisakan kubangan eksploitasi tanpa arti, jika tidak dari sekarang kita bangkit bersama-sama menyatukan visi untuk membangun bumi pertiwi. Para pendiri bangsa dari berbagai daerah golongan, suku dan agama telah meletakkan pondasi dasar yang baik. Maka sudah waktunya otak untuk dijalankan, tangan, kaki dan seluruh anggota badan dikerahkan semua untuk pembangunan pertanian nasional.
Semangat mencapai swasembada pangan, dengan peningkatan produksi dari berbagai komoditi pertanian yang tumbuh di Indonesia, diperlukan strategi yang tepat dalam menentukan pilihan komoditas yang prioritas untuk dikembangkan. Prioritas penanganan difokuskan pada komoditas pertanian yang secara nasional dapat memberikan dampak nyata dan dirasakan hasilnya oleh petani, maupun masyarakat konsumen.  Salah satu yang nyata adalah teknologi varietas unggul. Penggunaan benih unggul nasional adalah lokomotif penggerak pembangunan ini. 
Kebangkitan benih nasional adalah wujud nyata dari pembangunan di bidang pertanian. Sudah waktunya bangsa ini menggunakan benih nasional agar komoditas terus berkembang, maju berkelanjutan menjadi tuan rumah di bumi pertiwi. amiien

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar